×
Workshop Verifikasi dan Validasi Berkas Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan Fungsional Guru Tahap 1

Solo, 21 Maret 2024 - Kualitas pelayanan publik dan pembangunan yang berkualitas tidak terlepas dari peran Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, bertanggung jawab, dan adil. Dalam rangka mewujudkan ASN yang memenuhi standar tersebut, pengelolaan manajemen sumber daya manusia dengan sistem merit menjadi kunci, yang menilai kualifikasi, kompetensi, dan kinerja sebagai pertimbangan utama dalam pengangkatan dan pengembangan ASN, salah satunya melalui Uji Kompetensi JF Guru.

Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang Jabatan (UKKJ) merupakan proses pengukuran dan penilaian terhadap kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural dari pegawai aparatur sipil negara pada JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah dan JF Penilik.

Penyelenggaraan Uji Kompetensi JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah, dan JF Penilik bertujuan untuk:

1. Mengukur dan menilai kesesuaian kompetensi PNS yang akan diangkat ke dalam JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah, atau JF Penilik melalui perpindahan jabatan lain dan pengangkatan kembali terhadap standar kompetensi masing-masing JF yang dituju.

2. Mengukur dan menilai kompetensi yang dimiliki oleh JF Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Sekolah, atau JF Penilik guna menentukan kelayakan yang bersangkutan untuk naik ke jenjang satu tingkat lebih tinggi.

Untuk memverifikasi dan memvalidasi berkas ajuan peserta uji kompetensi JF Guru, Workshop Verifikasi dan Validasi Berkas Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang Jabatan Fungsional Guru Tahap 1 ini diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam tahapan UKKJ, terutama bagi jabatan fungsional Guru, pamong belajar, pengawas sekolah, dan penilik. 

Tujuan dari workshop ini adalah untuk mengkoreksi kesesuaian berkas yang diunggah oleh peserta sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, serta memastikan keaslian berkas yang diunggah oleh peserta. Dalam kegiatan ini, sebanyak 60 orang peserta dari berbagai unsur, termasuk 11 orang dari Staf BBGP Provinsi Jawa Tengah dan 49 orang dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Provinsi serta Cabang Dinas Pendidikan. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 hingga 21 Maret 2024 di Lorin Hotel Solo. Dengan melalui workshop ini, diharapkan peningkatan profesionalisme dan kualitas ASN, khususnya para Guru, dapat terus ditingkatkan untuk mendukung tercapainya pelayanan publik yang berkualitas dan pembangunan yang berkelanjutan.