×
Pelatihan Peningkatan Kompetensi Komunitas Belajar dalam Sekolah melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Jawa Tengah

Solo, 5 September 2024 – Komunitas belajar memainkan peran krusial dalam dunia pendidikan, memberikan platform bagi guru dan tenaga kependidikan untuk berkumpul, berbagi pengetahuan, dan meningkatkan keterampilan secara kolektif. Melalui komunitas ini, para pendidik dapat memanfaatkan pengalaman, strategi pengajaran terbaik, dan sumber daya untuk memajukan praktik pengajaran mereka, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih kolaboratif dan efektif.

Sejalan dengan visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempercepat transformasi pembelajaran murid, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Komunitas Belajar dalam Sekolah melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan komunitas belajar di sekolah-sekolah dengan cara yang terstruktur dan berkelanjutan, guna mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Tujuan utama dari pelatihan ini adalah:

1. Meningkatkan Kompetensi: Meningkatkan kemampuan komunitas belajar dalam mengelola dan mengembangkan komunitas mereka.

2. Pengoptimalan Platform PMM: Mengoptimalkan penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk mendukung pembelajaran yang lebih baik.

3. Refleksi dan Evaluasi: Merefleksi efektivitas penggunaan sumber daya yang ada untuk meningkatkan kualitas belajar dalam komunitas.

4. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Menyusun dan membagikan strategi serta praktik terbaik dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Pelatihan ini dilaksanakan pada 2 hingga 5 September 2024 dan diikuti oleh 200 peserta dari komunitas belajar di sekolah-sekolah di Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan dibagi menjadi sepuluh kelas, masing-masing berisi 20 orang peserta, yang diselenggarakan di Lor in Dwangsa Hotel dan Solia Hotel.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para peserta memperoleh wawasan baru, strategi implementasi yang efektif, serta kemampuan untuk menyusun dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi yang berdampak positif pada kualitas pendidikan di sekolah mereka. Komunitas belajar diharapkan dapat terus berkembang, konsisten dalam kegiatan, dan melakukan pemantauan serta evaluasi terhadap program dan aktivitas yang dilaksanakan.

Pelatihan ini merupakan langkah penting dalam mempercepat pemahaman dan pemanfaatan Kurikulum Merdeka, menyelesaikan permasalahan sekolah, dan memfasilitasi berbagi praktik baik di antara para pendidik.