×
Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Tengah Mengadakan Kegiatan “Coaching Clinic Adopsi PMM”

BBGP Provinsi Jawa Tengah telah menyelenggarakan kegiatan Coaching Clinic Adopsi PMM dengan tema “PMM Sebagai Strategi Transformasi Pembelajaran Digital” secara daring pada Jumat (29/07). Sasaran dari kegiatan ini adalah Kepala Sekolah dan Guru satuan pendidikan jenjang PAUD/RA, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA atau yang sederajat di seluruh provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari kegiatan ini adalah para pendidik dapat mengenal, menggunakan, dan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar pada proses pembelajaran hybrid. 

Pembelajaran digital merupakan satu perubahan yang diusung oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Salah satu langkah penting transformasi pembelajaran digital ini adalah dikembangkannya suatu platform khusus untuk dapat dimanfaatkan oleh guru dalam melakukan transformasi itu sendiri. Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang telah dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi merupakan platform edukasi yang dirancang untuk menjadi teman penggerak bagi guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila. Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. 

Selain dirancang sebagai teman guru, Platform Merdeka Mengajar juga mendorong guru dalam melakukan pembelajaran secara hybrid. Konten-konten dikembangkan oleh kemendikbudristek untuk memberikan pemahaman lebih saat implementasi serta memberikan layanan pembelajaran, bagi satuan pendidikan yang telah ikut serta dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. saat ini, fitur PMM bisa dibuka dengan dua cara, yaitu dengan login dan tanpa login. Fitur PMM yang bisa dibuka tanpa login adalah info terkini, pengaturan, video dan inspirasi. sementara itu fitur-fitur yang dapat dijelajahi dengan login adalah pelatihan mandiri, bukti karya saya, asesmen murid, perangkat ajar dan membuat kelas. Fitur pengelolaan kelas telah dikembangkan sebagai langkah awal kemdikbudristek dalam mentransformasi pembelajaran di Indonesia dengan merubah proses pembelajaran tatap muka bermigrasi ke pembelajaran digital. untuk login, guru menggunakan akun belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id

Saat ini, seiring dengan transformasi pembelajaran melalui PMM nya, guru tentunya juga perlu didampingi tentang cara menggunakan PMM untuk melakukan proses pembelajaran. Tanpa Pembimbingan intens, PMM tentu akan menjadi transformasi kosong, karena hanya menyulitkan guru tanpa manfaat berarti. PMM pasti akan ditinggalkan guru selain untuk pemenuhan kewajiban administratif. 

Ketersediaan ragam model pembelajaran elektronik sangat diperlukan oleh guru  karena kunci utama pembelajaran dengan mengAdopsi Platform Merdeka Mengajar adalah keterampilan guru dalam menggunakan model pembelajaran elektronik sebagai strategi. Untuk itulah inovasi-inovasi pembelajaran elektronik perlu dikembangkan oleh Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Tengah.  Salah satu kegiatan yang telah dilakukan oleh BBGP Provinsi Jawa Tengah adalah mengembangkan satu inovasi pembelajaran hybrid. Perlunya kegiatan coaching clinic bagi guru supaya dapat memanfaatkan secara maksimal platform merdeka Mengajar perlu dilakukan, sehingga BBGP Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan untuk pertama kalinya kegiatan coaching clinic Adopsi PMM dengan tema PMM sebagai strategi Transformasi Pembelajaran Digital. Tujuan utamanya adalah memberikan suatu layanan coaching supaya guru dapat memanfaatkan PMM pada proses pembelajaran hybridnya.