×

Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila yang dimaksud adalah peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri.  

BBGP Provinsi Jawa Tengah mendapatkan sasaran 4031 calon guru penggerak di 34 kabupaten/kota se provinsi Jawa Tengah. PGP angkatan 7 telah dimulai pada tanggal 20 Oktober 2021  dengan diawalin pembukaan secara serentak nasional oleh Mendikbudristek. Kegiatan selanjutnya adalah Lokakarya Orientasi yang mempunyai tujuan : (1) CGP mengenal ekosistem belajar di program guru penggerak; (2) Calon Guru Penggerak (CGP) memahami program Pendidikan Guru Penggerak (alur, peran tim pendukung, kompetensi lulusan); (3) CGP mengidentifikasi posisi diri pada Kompetensi Guru Penggerak; (4) CGP dapat membuat rencana pengembangan kompetensi diri Guru Penggerak, berikut dukungan yang diperlukan, dan tantangan yang mungkin terjadi; (5) CGP memahami pentingnya membuat portofolio, tahapan dan contoh portofolio sebagai bagian dari pengembangan kompetensi. 

Pelaksanaan Lokakarya Orientasi A.7 Provinsi Jawa Tengah  dibagi menjadi 3 hari yaitu Jumat (21/10), Sabtu (22/10), dan Minggu (23/10) pada masing-masing Kabupaten/Kota. Lokakarya 0 diikuti oleh 4031 CGP dengan didampingi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, Perwakilan Dinas, dan Pengajar Praktik sebagai narasumber. Total peserta undangan pada Lokakarya Orientasi Angkatan 7 mencapai 7.771 sedangkan Pengajar Praktik (PP) yang dilibatkan mencapai 674 orang. 

Diharapkan pelaksanaan Lokakarya Orientasi pada Angkatan 7 ini dapat berjalan dengan lancar dan merupakan langkah awal bagi para peserta untuk memupuk rasa semangat dan antusiasmenya dalam mengolah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki sebagai Guru Penggerak pembawa perubahan pendidikan serta masa depan bangsa dan negara. 

Tempat Acara

Info Acara

  • Tanggal

    21 Oct 2022
  • Waktu

    08.00 - 16.00 WIB
  • Kategori

    Kegiatan

Penyelenggara Acara

  • Nama

    BBGP Provinsi Jawa Tengah